Test Ride Yamaha Vixion

Pertama saya ucapkan terimakasih kepada teman saya bro Hasan Asyrof karena udah mau minjemin vixion nya buat dipake dari standar sampe udah diganti dikit ....

test ride dilakukan ketika saya melaksanakan pesantre UN beberapa bulan lalu , loh ??? kok pas PUN ( singkatan Pesantren UN ) . begini ceritanya, di PUN kami para peserta hanya dibolehkan izin pulang sebanyak 1 hari , izin hanya boleh dilakukan sehabis ashar sampai jam 5, nah saya pake izin ini buat ngambil baju yang ditinggal sama nganterin baju kotor ... motor yang tersisa di parkiran hanya beberapa motor teman, motor saya , dan vixinya si hasan .

izin udah dapet, saya pulang berdua sama temen saya, pas mau ke parkiran teman cewek mau minjem motor saya kebetulan motor saya honda absolute revo, dia gabisa bawa motor kopling , singkat cerita saya dan teman saya pulang make vixion si hasan .
pertama saya bonceng, oia spesifikasi ni motor mesinya standar ban belakang sama depan diganti lebih kecil , kenalpot standar tapi dibikin agak plong, jadi suara yang keluar lebih ngebas dan tenaga yang dikeluarkan lebih besar .

pas saya bonceng, adem ayem aja sih, vibrasi udah gak terlalu kerasa di foot step penumpang  tidak seperti motor sport 150 cc lain, jok yang empuk dan monoshock yang bekerja sempurna (tapi menurut saya terlalu empuk, saran dari saya setelah tanya mekanik aditya motor minta ditambahin aja level kekerasan monoshocknya jadi 1 atau 2 step biar pas tikungan lebih stabil) .

disingkat lagi ceritanya ketika teman udah sampe rumahnya saya yang bawa ni motor, bensin kira kira tinggal 1,5 liter kurang . saya ga langsung pulang tapi saya bawa ni motor ke jalan gatsu Cilacap, saya mulai geber, oia saya termasuk kurus tinggi 175cm dengan bobot 57kg waktu itu , ditambah baju kotor+tas ada 3kg an, buat perpindahan gigi si vixi terasa halus, gigi 3 yg nafasnya panjang saya betot sampe 80 , udah agak berisik tapi masih oke , saya oper ke gigi 4 , buat nyampe 100kpj itu perkara mudah si vixion, sisa gas di gigi 4 masih banyak, saya harus nurunin rpm karena jalanan mulai rame diajak buat nyelip diantara keramaian pake ban kecil ni motor masih oke, liat ke jam masih banyak waktu sebelum jam 5, saya terus bawa ni motor , di simpangan saya belok ke jalan cerme, keadaan cukup sepi disini , saya coba manuver dikit, belok dengan cara rebah dikiiiit aja, karena pakaian saya gak safety dan kondisi ban yang kecil jadi ga berani terlalu rebah, ambil kanan dikit, turunin rpm langsung ambil kiri posisisi agak rebah, udah lewat tikungan tersebut gas langsung saya betot ...upps ! ban belakang mengalami sliding !  ,faktor ban yang diganti jadi kecil ditambah monoshock yang terlalu empuk sehingga kurang mumpuni kalo di ajak rebah dan berakibat sliding alias kepleset ban nya wkwkwkwk .

masalah sliding terlewati, oia diajak buat stop and go vixion responsif banget ! ditambah dengan knalpot yang dibikin agak ngeplong dan ban yang ukuranya lebih kecil, buat akselerasi spontan enak banget .
di jalan cerme saya bawa lari si vixi di kecepatan rendah karena kondisi jalan yang ramai . sampe di rumah saya mandi, beres beres, dan siap siap balik ke sekolahan, temen yang tadi ikut bilang gausah dijemput dia bawa motor sendiri, tapi ada temen yang lain sms minta disamper ( ibaratnya rumah saya ke rumah temen yang minta disamper dari ujung ke ujung ) . setelah pamitan sama ortu tancap gas kembali,di lamupu merah damalang saya ngeliat jalan s.parman sepi, liat jam udah setengah 5, ya cukuplah tapi liat ke indikator bensin ,cukup ga ya di ajak ngebut, nyamper temen diujung terus sampe sekolah ???
lampu pun ijo, tanpa pikir panjang lagi nekat deh , banyak bensin eceran ini di sekitar situ.

masih penasaran sama gigi 5 nya karena tadi ga sempet kepake, disini saya coba gigi 5 nya, 115 kpj motor masih anteng dan gas masih nyisa banyak, tapi harus nurunin rpm karena ada orang nyebrang , ya hanya puas di 115 karena trek abis, selebihnya saya panteng si vixi di gear 3 dengan kecepatan 60 , takut bensinya habis hehehe.

lanjut ke rumah temen, terus ke sekolah. jam 5 kurang dikit saya udah sampe di sekolah, liat indikator bensin... dia cuma ngurang dikit , irit bro ! ya .. vixion irit karena udah mengadopsi sistem injeksi, untuk konsumsi bbm si vixi 1:44 dengan kapasitas tengki 12 liter .

dengan sitem injeksi, model yang keren, tertanam berbagai sensor di dalanya, terus udah monoshock , di geber di keceptan tinggi tetep anteng, ya oke lah buat motor sport 150cc
tapi sayangnya rem belakang masih tromol dan belum ada shutter key nya, minerva aja depan belakang udh cakram dan sudah menggunakan shutter key ?? ya begitulah jepang, pelit akan fitur

 Spesifikasi mesin standar vixion :

Tipe Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC
Susunan Silinder Forward – Inclined Single Cylinder
Volume Silinder 149.80 cc
Diameter x Langkah 57.0 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi 10.40 : 1
Tenaga Maksimum 11.10 kW @8500 rpm
Torsi Maksimum 13.10 Nm @7500 rpm
Sistem Pelumasan Wet Sump / Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin 1.15 Liter
Kapasitas Air Pendingin Tangki Recovery 0.4 Liter Total 0.79 Liter
Kapasitas Tangki Bensin 12.0 Liter
Throttle body MIKUNI SE AC28-1
Putaran Langsam Mesin 1400 ± 100 rpm
Saringan Udara Dry Element
Sistem Starter Electric Starter and Kick Starter
Kopling Wet, Multiple-Disc
Tipe Transmisi Constant Mesh 5-Speed/ Mechanical
untuk foto sayang nya ane lupa jeprat jepret nh motor gan hehe, tapi saya udah minta sama empunya motor buat upload foto motornya, ditunggu yaa !




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menguak Rahasia Alam Gaib Melalui " Manjali The Novel "

Buka warung